• cara membuat oncom

    Posted on November 30, 2011 by in Kacang Kedelai

    Dibawah ini saya akan memberikan cara bagaimana untuk dapat membuat oncom.

    Untuk  membuat oncom, itu tidak terlalu sulit ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    Bahan :

    kacang tanah

    ragi oncom

    bambo

    minyak tanah

     

    Kacang tanah merupakan bahan baku utama produksi oncom. Bambu sebagai bahan sasak atau dasar/alas tempat meletakkan oncom, sedangkan minyak tanah/kayu bakar untuk proses penanakannya.

    Proses pembuatan oncom pasireungit :

    1. Kacang tanah yang telah dibersihkan sebersih mungkin dimasukkan ke kampa, sejenis mesin penggilingan kacang tanah.
    2. Setelah itu, wujudnya menjadi bungkil mentah. Bungkil mentah tersebut lalu dicetak dengan mesin pres.
    3. Kadar minyaknya dipisahkan dan menjadi bungkil pres. Bungkil pres berbentuk lempengan bulat seperti lingkaran CD. Beratnya lebih kurang 1 kg per lempeng.
    4. Bungkil pres ini selanjutnya direndam dengan air yang sudah dimasak. Setelah 7 jam proses perendaman, bungkil pres yang sudah berubah jadi serbuk oncom tersebut dimasukkan ke dalam carangka.
    5. Serbuk oncom itu pada sekitar pukul 1.00 dini hari dikukus hingga masak, setelah itu dicetak berbentuk empat persegi panjang. Selama 12 jam potongan-potongan oncom tersebut ditutup atau diselimuti dengan karung setelah sebelumnya ditaburi ragi oncom secukupnya agar nantinya timbul jamur-jamur oncom. Setelah berjamur, potongan-potongan oncom diberi sasag yang terbuat dari bambu. Baru selanjutnya oncom siap dipasarkan.

    Oncom dapat diolah menjadi penyedap serabi . dapat juga di kreasikan menjadi sebuah makanan yang lezat lainya . sebenarnya oncom itu sangat bermanfaat dan dapat di olah menjadi makanan yang lezat atau di campurkan ke dalam makanan. (bbg.016)

    Incoming search terms:

    cara membuat oncom (662),pembuatan oncom (245),cara pembuatan oncom (231),bioteknologi oncom (168),proses pembuatan oncom (159),oncom (117),cara membuat oncom kedelai (80),jamur oncom (74),bioteknologi pembuatan oncom (49),cara buat oncom (47)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>