• Cara Membuat Tempe

    Tempe merupakan makanan khas negara kita , tidak hanya mengandung protein nabati yang tinggi ,tempe juga harganya pun sangat terjangkau , murah dan mudah didapat , kalau selama ini umumnya ibu-ibu rumah tangga membeli tempe dari pasar-pasar atau supermarket , tidak ada salahnya kali ini untuk mencoba membuat sendiri di rumah. Bisa-bisa nantinya malah berkembang jadi sebuah usaha rumahan atau home industri

     

    peralatan yg diperlukan:

    wadah dan panci cukup besar utk merendam dan merebus kedelai
    wadah dgn permukaan lebar untuk mencampur ragi dan kedelai (saya menggunakan alas/cetakan yg ada dalam oven)
    4buah kantong plastik ukuran 1kg
    jarum atau tusuk gigi tuk melubang2i plastik
    rak berjeruji (rak yg ada di oven/kulkas) untuk alas tempe

     

    bahan:
    1kg kedelai, cuci bersih dan rendam di dalam wadah yg cukup besar selama 24jam.
    ragi tempe sejumlah yg direkomendasikan pada kemasannya

     

    cara membuat:
    setelah direndam permukaan kedelai akan sedikit berbusa2, remas2 kedelai atau gesek2 diantara kedua belah telapak tangan guna melepas sebagian kulit arinya, cuci kedelai dibawah air mengalir agar kulit ari mengambang dan mengalir keluar dgn sendirinya.

    sambil membersihkan kedelai didihkan air didalam panci besar, kemudian masukan kedelai yg telah dibersihkan dan rebus hingga empuk, setelah benar2 empuk, angkat dan buang airnya. cuci kedelai dibawah air mengalir sambil diremas2 perlahan utk membuang sisa kulit arinya, kemudian tiriskan hingga kering. jadinya ca 1550g.

    atur kedelai didalam wadah dgn permukaan lebar, setelah dingin bubuhi permukaan kedelai dgn ragi tempe, aduk rata, kemudian masukan kedelai yg telah diberi ragi kedalam plastik (300-400g atau sesuai selera), kira2 ketebalan tempe menjadi +2-3cm, tutup rapat ujungnya dgn bantuan api lilin, kemudian tusuk2 bagian atas dan bawah plastik menggunakan jarum ataw tusuk gigi(semakin banyak semakin baik).

    atur bungkusan tempe didalam lemari yg telah dialasi rak berjeruji agar ada sirkulasi udaranya, simpan selama 36jam. siap diolah.

    catatan:
    apabila tdk langsung diolah, dalam wadah siram tempe sesaat stl jadi dgn air mendidih ca 5menit, masukan ke dalam plastik khusus tuk freezer, bekukan dalam freezer. (bbg.014)

     

    Incoming search terms:

    cara membuat tempe (118),makanan yang mengandung protein (102),cara pembuatan tempe (66),pembuatan tempe (62),tempe kedelai (52),PROSES PEMBUATAN TEMPE (46),gambar makanan yang mengandung protein (44),gambar protein nabati (34),makanan yang mengandung protein nabati (19),usaha rumahan (16)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *