• Harga Kedelai Dalam Negeri Turun Jadi Rp 6.500 per Kg

    Posted on December 14, 2011 by in Kacang Kedelai

    Seiring dengan jatuhnya harga kedelai di pasar dunia, harga kedelai di dalam negeri pun menjadi melemah.

    Sebagaimana dirilis Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan , Jumat (11/11/2011), di Pati Jawa Tengah, harga Kedelai juga mengalami penurunan.

    Harga kedelai sebelumnya berada pada posisi Rp 7.000 per kilogram (kg), kini bertahan pada kisaran Rp 6.500 per kg.

    “Harga kacang kedelai mengalami penurunan harga karena produksi kedelai petani bertambah saat MT III.”

    Semantara, produksi kedelai dari para petani pada MT III ternyata juga berpengaruh terhadap harga jual kedelai impor.Dengan penurunan harga kacang kedelai para petani kedelai juga mengalamai penurunan omset penjualan.

    Lebih lanjut, sejak Januari hingga September, harga kedelai impor masih di kisaran Rp 7.000 per kg. Memasuki periode Oktober 2011, harga kedelai turun menjadi Rp 6.000 per kg.Ketidak stabilan harga kacang kedelai beberapa bulan belakangan ini tidak terlepas dari  MT III.

    Namun, menginjak pekan pertama bulan November, harga komoditas tersebut naik tipis di kisaran Rp 6.500 per kg.

    Sementara itu, produksi kedelai di Kabupaten Lampung Timur mencapai 699 ton karena meningkatnya luas tanam. Pada musim lalu luas tanam sekitar 267 hektare sedangkan pada musim ini mencapai 927 hektare atau terjadi penambahan 660 hektare.

    Di pasar dunia sendiri, pada penutupan perdagangan di bursa CBOT (Chicago Board of Trade) harga Kedelai berjangka mengalami penurunan. Harga Kedelai berjangka untuk kontrak Januari 2012 mengalami penurunan sebesar 1.5% dan ditutup pada posisi 11.675 dolar per bushel.

    Harga kedelai melemah di tengah spekulasi bahwa curah hujan cukup akan mampu meningkatkan produksi Kedelai di kawasan Amerika Selatan.

    Curah hujan tinggi yang akan terjadi selama dua minggu ke depan akan memberikan keuntungan yang cukup baik bagi para petani di Brazil dan Argentina, dua produsen Kedelai terbesar setelah AS.(Nko17)

    Incoming search terms:

    harga bungkil kedelai 2012 (68),jual kacang brazil (34),harga bungkil kedelai brazil 2012 (20),harga kacang brazil (18),kacang brazil jual (18),agen kue kering kiloan (15),harga kacang brazil di carrefour (1),harga perkilo kacang brazil (1),harga dolar AS sbm argentina (1),distributor kedelai dipati (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>