• Kedelai Bahan Pembuat Kecap

    Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam.

    Makan bakso tanpa menggunakan kecap tidak sedap tentunya, apalagi sate jika tanpa kecap lebih tidak enak lagi. Begitu seringnya yang namanya kecap kita rasakan di bibir kita namun tahukah anda dari apakah bahan pembuatan kecap itu?.

    Tentunya semua menjawab kedelai.Bahan Pembuatan kecap yang utama adalah kedelai selain di tambah dengan campuran rempah-rempah yang lain.

    Secara umum, kedelai dapat diolah menjadi: tempe, keripik tempe, tahu, kecap, susu, dan lain-lainnya. Proses pengolahan kedelai menjadi berbagai makanan pada umumnya merupakan proses yang sederhana. Pembuat kecap banyak sekali industri rumahan yang menggunakan  alat-alat yang sederhana,namaun ada juga industri besar yang memproduksi kecap.Jika anda ingin belajar membuat kecap silakan baca tulisan dibawah ini sampai selesai.

    BAHAN:
    1 kg kedelai putih atau hitam
    3 gr ragi tempe
    3 lbr daun salam
    2 btg serai
    3 Daun jeruk 1 lembar
    4 cm lengkuas
    1 sdt pokak
    6 kg gula merah
    1 ½ lt air untuk melarutkan gula merah
    800 gr garam untuk 4 liter air

    CARA MEMBUAT:

    1. Cuci kedelai dan rendam dalam 3 liter air selama satu malam. Setelah Itu rebus sampai kulit kedelai menjadi lunak dan lembut kemudian di Tiriskan lalu di dinginkan di tampah.
    2. Beri ragi tempe pada kedelai yang di dinginkan. Aduk hingga rata dan simpan pada suhu ruang (25-30° Celcius) selama 3-5 hari.
    3. Setelah kedelai ditumbuhi jamur yang berwarna putih merata, tambahkan larutan garam. Tempatkan dalam suatu wadah dan biarkan selama 3-4 minggu pada suhu ruang. Batas maksimum proses penggaraman adalah dua bulan.
    4. Segera tuangkan air bersih, masak hingga mendidih lalu saring.
    5. Masukkan kembali hasil saringan, tambahkan gula merah dan bumbu-bumbu. Bumbu ini (kecuali daun salam, daun jeruk dan serai) digiling halus dulu dan campur hingga rata. Banyaknya pemakaian gula merah tergantung untuk kecap asin atau kecap manis.
    6. Setelah semua bumbu dicampurkan ke dalam hasil saringan, masak sambil terus diaduk-aduk. Perebusan dihentikan apabila sudah mendidih dan tidak berbentuk buih lagi.
    7. Setelah adonan tersebut masak, dinginkan dan saring dengan kain saring.
    8. Kecap siap untuk dikemas.

    PERLU DI INGAT

    • Penambahan gula merah untuk kecap manis setiap 1 ltr hasil saringan membutuhkan 2 kg gula merah.
    • Penambahan gula merah untuk kecap asin setiap 1 ltr hasil saringan membutuhkan 2 -2 ons gula merah.
    • Pemberian ragi harus sesuai jumlahnya dengan banyaknya kedelai, agar tidak menimbulkan kegagalan jamur yang tumbuh.
    • Setelah direbus dan ditiriskan, kedelai harus didinginkan dengan sempurna. Bila tidak ragi yang ditebarkan di atasnya akan mati.
    • Bahan baku untuk pembuatan kecap, selain dari kacang kedelai dapat juga dari biji kecipir, dengan proses pembuatan yang sama.(Nko03)

    Incoming search terms:

    bahan pembuatan kecap kkedelai dan harga bahan bakunya (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *