• Kedelai, Kacang Kecil Bermanfaat Besar.

    Mungkin hampir setiap hari kita selalu mengkonsumsi makanan yang satu ini, entah berupa tempe, tahu atau kecap. tapi, tahukah kamu manfaat dari mengkonsumsi kedelai ini bagi tubuh kita? Kedelai adalah salah satu dari jenis polong – polongan. Kedelai sendiri memiliki dua varian, kedelai putih yang berwarna sedikit kuning, dan kedelai soja yang warnanya cenderung hitam. Meskipun ada dua jenis, khasiat yang terkandung di dalam kedelai ini ternyata sangat banyak.

    1. Untuk Kesehatan Jantung

    Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Food and Drug  Administration (FDA) pada tahun 1999, kedelai ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat  (LDL) yang ada dalam tubuh melalui kandungan Lechitin yang terdapat didalamnya. Tidak hanya itu, penelitian lebih lanjut juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 25 gr kedelai setiap harinya dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Kandungan Isoflavon yang terdapat dalam kedelai juga bisa berguna untuk meningkatkan HDL kolesterol baik. Isoflavon genistein juga bisa meningkatkan fleksibilitas dari pembuluh darah.

    2. Untuk Kesehatan Tulang

    Kandungan Isoflavon dalam kedelai juga berperan seperti estrogen sintetis, seperti tamoxifen dan ipriflavone yang berfungsi untuk mencegah osteoporosis atau keropos tulang. Di samping itu, protein yang terkandung dalam kedelai juga berkhasiat untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak.

    3. Untuk Kesehatan Kulit

    Bagi para wanita yang mengidamkan kulit yang indah, cobalah memperbanyak konsumsi kedelai. Kandungan lemak tidak jenuh (linoleic dan linoleic acid) serta lechitin kedelai dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Isoflavon yang ada pada kedelai juga dapat mencegah munculnya keriput pada wajah.

    4. Untuk Kesehatan Organ Tubuh

    Vitamin -vitamin dan mineral yang terkandung dalam kedelai bermanfaat untuk kesehatan organ – organ tubuh, seperti ginjal, jantung dan mata. Di samping itu, kedelai juga baik untuk dikonsumsi penderita gejala diabetes. Kadar protein pada kedelai dapat menekan kadar glukosa dalam darah. Kedelai juga dapat mencegah keluhan pramenopause

    5. Kesehatan Otak

    Kedelai juga mengandung zat – zat yang memberikan nutrisi bagi otak, seperti Lechitin. Dengan adanya zat nutrisi otak ini, kedelai dapat bermanfaat untuk menambah daya ingat konsumennya. Kedelai juga dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh, dengan kandungan Lechitin. Mau tau kandungan yang sebenarnya dari kedelai? Lihat daftarnya berikut ini.

    Dalam 100 gram kedelai terdapat:
    Vitamin A : 110 International Unit (Iu)
    Vitamin B (Thiamine) : 1.07 mg
    Niacin : 2.3 mg
    Besi : 8.0 mg
    Fosfor : 586 mg
    Kalium : 540 mg
    Lemak : 18.1 mg
    Karbohidrat : 34.8 gram
    Protein : 34 gram dan 331 kal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *