• Kedelai : Sejarah Kedelai, Manfaat Kedelai, Dan Serat Dalam Kedelai

    kedelai

    Kedelai : Sejarah Kedelai, Manfaat Kedelai, Dan Serat Dalam Kedelai

    Kedelai dikenal dengan berbagai banyak sekali nama seperti sojaboom, soja, soja bohne, soybean, kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (aceh) dan gadelei. Berbagai nama ini menunjukkan bahwa kedelai telah lama dikenal di Indonesia dan sudah banyak berkembang diindonesia yang diolah berbagai macam jenis makanan.

    Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidak dua spesies yaitu Glycine max (disebut kedelai putih, yang bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau) dan Glycine soja (kedelai hitam, berbiji hitam). G. max merupakan tanaman asli daerah Asia subtropik seperti RRC dan Jepang selatan, sementara G. soja merupakan tanaman asli Asia tropis di Asia Tenggara. Tanaman ini telah menyebar ke Jepang, Korea, Asia Tenggara dan Indonesia.

    Beberapa kultivar kedelai putih budidaya di Indonesia, di antaranya adalah ‘Ringgit’, ‘Orba’, ‘Lokon’, ‘Darros’, dan ‘Wilis’. “Edamame” adalah sejenis kedelai berbiji besar berwarna hijau yang belum lama dikenal di Indonesia dan berasal dari Negara Jepang.

    Edamame kaya isoflavon dan serat yang dapat menurunkan produksi kolesterol dan mencegahnya menempel pada dinding-dinding arteri. Setiap saji 1/2 cup mengandung 800 mg pottasium dan 400 mcg folic acid. Menurut para peneliti Harvard, menambah nutrien pelindung jantung ini dapat menurunkan resiko serangan jantung sampai 45% atau bahkan lebih.

    Dengan mengkonsumsi kedelai setiap harinya anda tentunya akan mendapat manfaat bagi kesehatan anda sendiri dan anda tentunya sudah menjaga pola hidup anda dengan membiasakan hidup sehat dengan memakan atau meminum bahan makanan dari kedelai yang kaya akan protein yang tinggi yang dapat mengurangi kolesterol jahat, mencegah kangker dan bagi anda yang lagi diet tentunya akan memperoleh diet yang tak begitu ketat karna kandungan protein yang tinggi tadi akan memenuhi kebutuhan anda selama berdiet.(bbg.004)

     

    Incoming search terms:

    sejarah kedelai (306),sejarah kacang kedelai (208),sejarah kedelai di indonesia (20),serat kacang kedelai (18),serat kedelai (12),sejarah kedelai hitam (10),sejarah kede (2),Pengertian kedelai dan sejarah nya (1),Pengertian kedelai (1),sejarah singkat tanaman kedelai (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *