• Pakan sapi hijauan olahan jerami dengan nutrien tinggi

    Posted on September 28, 2011 by in Tentang Pakan Ternak

    Pakan sapi hijauan olahan jerami dengan nutrien tinggi

    pakan sapi hijauanAnda beternak sapi dan sedang berpikir bagaimana cara mengatasi persediaan hijauan pakan sapi hijauan yang terbatas selama musim kemarau? Atau selama ini anda hanya mengandalkan jerami sebagai pakan sapi selama musim kemarau dan hasilnya kurang begitu memuaskan? Tahukah anda bahwa jerami bisa diolah menjadi pakan sapi dengan tingkat protein dan karbohidrat lebih tinggi? Ya, dengan proses amoniasi dan fermentasi, jerami bisa menjadi pakan sapi hijauan dengan tingkat protein dan karbohidrat 5 – 8 % lebih tinggi.

    Jerami padi merupakan alternatif hijauan pakan sapi hijauan yang paling sering dipakai. Disamping jerami padi mudah didapatkan ketika datang musim panen, jerami padi juga bertahan lebih lama dalam keadaan kering.

    Namun, nutrien yang terkandung dalam jerami padi tidak mencukupi untuk pakan sapi. Karena kandungan nutriennya terlalu rendah untuk pakan sapi dan kurang bisa dicerna. Dengan pengolahan, daya cerna jerami padi bisa ditingkatkan sampai 70 %.

    Amoniasi merupakan pengolahan jerami untuk pakan sapi dengan menggunakan gas amoniak yang biasanya di dapatkan dari urea. Dalam kondisi hampa udara amoniak mampu melepaskan beberapa ikatan yang menyebabkan rendahnya daya cerna jerami pada sapi seperti lignin dan selulosa. Dengan teknik amoniasi, tekstur jerami menjadi lebih lunak dan kadar protein menjadi lebih tinggi sehingga sapi mampu mencernanya dengan lebih mudah. Dengan proses ini, nutrisi pakan sapi dari jerami akan lebih tinggi.

    Proses fermentasi jerami dilakukan menggunakan urea dan probiotik. Probiotik adalah bahan yang mengandung mengandung polimikroorganisme, lignolitik, proteolitik, amilolitik, sellulolitik, lipolitik dan nitrogen non simbiotik yang dapal memfermentasi jerami sehingga dapat meningkatkan kualitas dan nilai kecernaannya.

    Prosesnya pun tidak sulit ditemukan. Anda tinggal berselancar melalui internet, dan sudah dipastikan akan menemukan tehnik amoniasi maupun fermentasi untuk pakan sapi hijauan anda. Dengan penyesuaian ketersediaan bahan pokok pakan sapi tentunya. Apabila anda merasa hijauan untuk pakan sapi tersedia cukup banyak disekitar anda, tentunya tak perlu khawatir. Namun jika anda ingin memiliki persediaan pakan sapi yang cukup untuk sepanjang musim, dan jerami melalui proses fermentasi atau amoniasi bisa menjadi pilihan, kenapa tidak? Selamat mencoba!

    Pakan sapi hijauan olahan jerami dengan nutrien tinggi

    Incoming search terms:

    pakan sapi (52),pakan sapi alternatif (44),fermentasi pakan sapi (31),pakan sapi fermentasi (28),harga bungkil kedelai 2011 (16),fermentasi jerami untuk pakan sapi (16),cara fermentasi jerami (12),cara fermentasi jerami untuk pakan sapi (10),pakan sapi berprotein tinggi (1),pakan olahan untuk sapi (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>