• Pakan ternak dan alternatif hijauannya

    Posted on September 1, 2011 by in Tentang Pakan Ternak

    Pakan ternak dan alternatif hijauannya

    pakan ternakUntuk membudidayakan ternak ruminansia (sapi, kambing, domba, dll) dibutuhkan persediaan pakan ternak yang memadai sepanjang tahun. Sedangkan ketika musim kemarau, hijauan yang dibutuhkan untuk pakan ternak tidaklah mencukupi. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif hijauan pakan, yang bisa memberikan persediaan pakan selama musim kemarau. Complete feed atau formula pakan lengkap memang bisa menjadi alternatif hijauan pakan, namun prosesnya tidak bisa diterapkan untuk para peternak rumahan dengan skala kecil.

    Kebanyakan alternatif pakan ternak didapatkan dari limbah pertanian. Yang paling sering digunakan adalah jerami, yang mampu bertahan cukup lama dalam keadaan kering, sehingga mampu menggantikan hijauan pakan di musim kemarau. Namun begitu, nutrisi yang terkandung dalam jerami tidak begitu menguntungkan para peternak, pasalnya jerami mengandung sedikit protein. Jerami merupakan jenis hijauan kering, dan hijauan kering bisa didapat dari jerami padi, jerami jagung, jerami kacang tanah, jerami kedelai, jerami sorgum, dan jerami rumput hermada . Namun umumnya jerami padi bertahan lebih lama. Proses fermentasi dan amoniasi terbukti mampu meningkatkan kandungan protein yang dibutuhkan dalam pakan, yaitu hingga mencapai 5 – 8 %, sehingga hal ini seringkali digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menyediakan pakan di musim kemarau.

    Selain jerami, pohon pisang ternyata juga bisa digunakan sebagai alternatif hijauan pakan ternak. Bukan hanya karena pertumbuhan pisang tidak tergantung dengan musim seperti rumput, padi, jagung dan hijauan lainnya, namun juga karena daun, batang dan kulit buah pisang ternyata mengandung cukup nutrisi yang diperlukan dalam pakan seperti protein dan karbohidrat. Pohon pisang termasuk jenis hijauan segar, dan Anda bisa menyajikannya langsung sebagai pakan. Selain pisang ada beberapa alternatif hijauan pakan ternak lain yang mungkin bisa menjadi pilihan, yaitu  batang dan daun talas, rumput gajah, rumput alam, daun jagung, rumput setaria, glirisida, daun ubi kayu, daun turi, daun nangka, tayuman, mahoni, sono, sengon, munggur, bambu, papaya, pisang, jerami jagung, kulit luar ubi kayu dan kulit luar ubi kayu.

    Untuk keperluan pakan ternak fermentasi bagi sapi, anda dapat menghubungi kami

     

    Incoming search terms:

    bahan baku pakan ternak (96),Hijauan pakan ternak (86),ternak sapi (73),pakan ternak sapi (63),ternak ruminansia (47),pakan ternak alternatif (47),gambarsapi (42),sapi dan kambing (32),gambar-gambar sapi (26),pakan alternatif ternak domba (14)

2 Responsesso far.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>