• Soya Bean Meal dan keunggulannya

    Soya Bean Meal dan keunggulannya

    Soya bean MealSoya Bean Meal adalah produk sampingan dari proses pengolahan minyak kedelai. Soya Bean Meal mengandung protein kasar tertinggi (sekitar 44 – 45%) dibandingkan pakan dari biji – bijian pada umumnya. Dalam proses pembuatan minyak kedelai, yang diambil hanyalah sedikit bagian dari kedelai, dan sisanya diolah menjadi bentuk bungkil dengan menggiling ampas kedelai yang dihasilkan, sehingga menjadi seperti bubuk kasar yang kita kenal dengan SBM atau Soya Bean Meal ini. Komposisi nutrisi ditentukan oleh jumlah serpihan kulit ari, atau sekam yang ditambahkan ke dalam ampas serta sisa minyak yang masih tertinggal. Soya Bean Meal juga mengandung berbagai macam asam amino esensial, dan merupakan merupakan sumber lisin, metionin, isoleusin, leusin, arginine, glisin, dan treonin.

    Soya Bean Meal sangatlah ideal untuk suplemen protein dalam pakan ternak, selain itu Soya Bean Meal juga merupakan salah satu produk yang mendominasi pasar.

    Untuk hal ini, ada beberapa alasan. Selain karena tingginya kandungan protein, konsistensi kandungan nutrisi dan ketersediaannya sepanjang tahun membuat Soya Bean Meal menjadi produk unggulan. Karena para peternak menginginkan pakan dengan energi tinggi, Soya Bean Meal juga memiliki nilai lebih, karena tidak ada pakan protein dari tanaman yang mengandung protein lebih tinggi dari Soya Bean Meal. Ditambah lagi, tidak ada pembatasan jumlah penggunaan Soya Bean Meal untuk pakan ternak. Hal inilah yang membuat Soya Bean Meal menjadi bahan baku utama penyusun ransum ternak.

    Meskipun Soya Bean Meal merupakan produk limbah dari pengolahan kedelai, namun keunggulan – keunggulan yang dimiliki membuktikan bahwa Soya Bean Meal mampu diandalkan sebagai pakan ternak dewasa ini. Ada produk selain Soya Bean Meal yang juga merupakan sumber protein, seperti corn gluten meal (CGM), meat bone meal (MBM) serta tepung ikan, yang bisa digunakan dalam meracik pakan ternak sehingga didapatkan kandungan protein yang diinginkan. Penggunaaannya Soya Bean Meal sendiri sangat tergantung pada stok barang dan harga di pasaran. Sebagai contoh ketika tepung ikan jarang digunakan karena langka dan harga melambung tinggi, maka penggunaan Soya Bean Meal untuk pakan ternak bisa mencapai 15 – 20%.

     

     

     

     

    Incoming search terms:

    harga bungkil kedelai (552),kandungan bungkil kedelai (65),ampas kedelai (43),importir bungkil kedelai (29),kandungan nutrisi sbm (20),minyak soya (13),dried distillers grains with sollubles adalah (13),soya bean meal adalah (2),kulit kedelai (2),apakah soya bean meal itu (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *