• Susu Kedelai VS Susu Sapi

    Susu kedelai sangat populer sebagai minuman alternatif mereka yang tidak menyukai susu sapi karena lactose intolerance. Apakah benar susu kedelai itu lebih baik daripada susu sapi?

    Sampai hari ini manfaat dari kedelai terus saja diperdebatkan, akan tetapi secara umum susu kedelai diterima di masyarakat sebagai susu yang sehat. Susu kedelai mengandung protein tinggi karena terbuat dari kacang, dan mengandung serat jauh lebih banyak dari susu sapi.

    Satu cangkir susu kedelai mengandung hampir 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak dan kolesterol. Meskipun terdapat beberapa vitamin B dalam susu kedelai, tapi itu bukanlah sumber vitamin B yang baik. Sedangkan satu cangkir susu sapi mengandung 8 gram protein dan 12 gram karbohidrat. Satu cangkir susu sapi cukup untuk 30% kebutuhan kalsium dan sekitar 50% vitamin B12 sehari-hari orang dewasa.

    Keuntungan terbesar mengonsumsi susu kedelai adalah kadar isoflavon yang tinggi. Pada dasarnya isoflavon adalah bahan kimia yang sangat mirip dengan hormon estrogen. Isoflavon dapat mencegah beberapa jenis kanker, penyakit jantung, osteoporosis dan lain sebagainya.

    Susu kedelai tidak bebas lemak karena terbuat dari kacang-kacangan. Tetapi kadar lemaknya 2% lebih rendah dibandingkan susu sapi. Sayangnya, susu kedelai tidak mengandung banyak kalsium.

    Kandungan kalsium dalam susu kedelai hanya sekitar seperempat kalsium susu sapi. Banyak produsen susu kedelai menambahkan kalsium untuk produk mereka, tetapi penelitian mengatakan bahwa penambahan kalsium ini tidak menyehatkan seperti kalsium alami yang terdapat di susu sapi.

    Jangan bingung, kalsium bisa diperoleh dengan mudah dari sumber lain, seperti sarden, kacang almon, dan beberapa jenis sayuran hijau. Tapi jika Anda tidak mengalami alergi dengan produk susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari yogurt dan keju.

    Kedua susu, baik susu kedelai maupun susu sapi sama-sama mengandung vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, hanya susu kedelai yang terbukti meningkatkan kesehatan. (bbg.010)

     

    Incoming search terms:

    susu kedelai (74),susu sapi vs susu kedelai (15)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *